Bagi kawan2 seorang programmer pemula, ada sebuah game
yang menarik buat Anda. Game yang menggabungkan konsep pemrograman
dengan Robot. Mungkin game ini cocok pula bagi para programmer yang
dulunya bercita-cita ingin membuat robot, namun tidak kesampaian . Game ini bernama RoboMind.
Robomind adalah sebuah game opensource tentang bagaimana
mengendalikan pergerakan sebuah robot melalui perintah-perintah
menggunakan bahasa pemrograman. Game yang dibuat oleh Arvid Halma dari
Universitas Amsterdam ini dapat didownload di URL http://www.robomind.net
Mengapa game ini cocok bagi mereka yang baru belajar pemrograman?
Ya… di dalam game ini, kita bisa mengatur sendiri langkah-per langkah
kita untuk mengatur gerakan robot, dalam hal ini melatih kemampuan kita
dalam penguasaan algoritma dan logika. Selain itu dalam RoboMind ini
terdapat pula beberapa struktur pemrograman seperti halnya bahasa
pemrograman pada umumnya, seperti bentuk IF, LOOPING, dan PROCEDURE.
Di dalam RoboMind, kita bisa menggerakkan robot untuk bergerak maju,
mundur, belok kanan, kiri, mewarnai jalan yang dilalui, mencari sebuah
obyek, mengambil sebuah obyek, dan meletakkan obyek melalui
perintah-perintah berbentuk function.
Berikut ini beberapa perintah dasar untuk mengatur gerakan si robot.
- forward(n), digunakan untuk menggerakan maju si robot n langkah
- backward(n), digunakan untuk menggerakan ke belakang si robot n langkah
- left(), digunakan untuk membelokkan si robot ke kiri 90 derajad
- right(), digunakan untuk membelokkan si robot ke kanan 90 derajad
- north(n), digunakan untuk mengarahkan robot ke utara, lalu bergerak maju n langkah
- south(n), digunakan untuk mengarahkan robot ke selatan, lalu bergerak maju n langkah
- west(n), digunakan untuk mengarahkan robot ke barat, lalu bergerak maju n langkah
- east(n), digunakan untuk mengarahkan robot ke timur, lalu bergerak maju n langkah
- paintWhite(), menyuruh robot mewarnai dengan warna putih pada path
- paintBlack(), menyuruh robot mewarnai dengan warna hitam pada path
- stopPainting(), menyuruh robot berhenti mewarnai
- pickUp(), mengambil obyek yang ada di depannya
- putDown(), meletakkan obyek di depannya
1.
if
(syarat)
2.
{
3.
instruksi
4.
}
1.
if
(syarat)
2.
{
3.
instruksi
4.
}
5.
else
{
6.
instruksi
7.
}
1.
repeat
(n)
2.
{
3.
instruksi
4.
}
Ada pula bentuk looping seperti di bawah ini
1.
repeatWhile(syarat)
2.
{
3.
instruksi
4.
}
Di bawah ini contoh sebuah program untuk menyuruh robot mengikuti jalan berwarna putih.
01.
# belok ke kanan
02.
right()
03.
04.
# maju
8
langkah
05.
forward(
8
)
06.
07.
# looping
08.
repeat
()
09.
{
10.
# cek apakah ada jalan berwarna putih di depannya
11.
if(frontIsWhite()){
12.
# jika ada, maka maju satu langkah
13.
forward(1)
14.
}
15.
# cek apakah ada jalan berwarna putih di sebelah kanannya
16.
else
if
(rightIsWhite())
{
17.
# jika ada, belok kanan
18.
right()
19.
}
20.
# cek apakah ada jalan berwarna putih di sebelah kirinya
21.
else
if
(leftIsWhite())
{
22.
# jika ada, belok kiri
23.
left()
24.
}
25.
# cek apakah di depan robot ada halangan
26.
else
if
(frontIsObstacle())
{
27.
# jika ada, robot berhenti (stop)
28.
end
29.
}
30.
}
[swf w=360 h=330]http://butikamalia.com/data/robo.swf[/swf]
OK… selamat belajar pemrograman sambil bermain robot.
0 komentar:
Post a Comment